Cara Melamar Kerja dan Tips Interview Kerja Yang Baik
Selamat pagi shobat Master Lowker. Kali ini admin akan berbagi "Cara Melamar Kerja dan Tips Interview Kerja Yang Baik". Ijazah atau pendidikan yang tinggi tidak menjamin seseorang akan sangat mudah mendapatkan suatu pekerjaan. Mungkin shobat bisa lihat sendiri orang-orang yang ada di sekelilng shobat. Banyak yang masih belum beruntung dalan hal pekerjaan. Hal itu sebenarnya karena beberapa faktor yang mungkin tidak diperhatikan dalam melamar kerja. Maka dibawah ini admin bagikan Cara Melamar Kerja dan Tips Interview Kerja Yang Baik. Berikut ulasannya:
1. Hal pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalah shobat harus mencari sumber informasi lowongan seperti media cetak (koran kompas), internet, career center, network, dan agency (outsourching).
2.Kemudian langkah yang kedua, memilih lowongan kerja. Pilihlah lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan kemampuan shobat. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja, seperti:
- Mencari informasi mengenai posisi yang akan shobat dipilih.
- Mencari informasi terkait perusahaan pemberi kerja
- Sebaiknya jangan memaksakan diri untuk suatu jabatan.
- Kesesuaian antara keadaaan diri dengan kriteria jabatan.
- Kertas berwarna netral
- Jenis dan ukuran font standard
- Ukurann kertas A4
- Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas, jelas dan jangan terlalu panjang atau berbelit-belit (cantumkan posisi yang dituju, tanggal, tanda tangan, alamat & tempat tinggal, no telepon yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar).
Berikut 4 cara dalam mengirim lamaran kerja :
- Melalui jasa pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas).
- Melalui email (rutin membaca email dan pertimbangkan besar file).
- Datang langsung ke perusahaan (walk in interview).
- Melalui situs jobhunter seperti jobstreet.com dan jobsdb.com
1.Penampilan Berbicara
Soal penampilan sangatlah penting karena penampilan shobat adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer. Pakailah pakaian yang rapih (formal & nyaman), menggunakan sepatu tertutup, datang dengan aroma tubuh yang segar, tidak bau mulut dan rapihkan kuku shobat.
- Penampilan untuk pria
2. Cocokan dasi dengan kemeja yang akan shobat pakai.
3. Menggunakan sepatu pantofel dan kaos kaki warna hitam (gelap).
- Penampilan untuk wanita
2. Hindari menggunakan warna yang mencolok ya.
3. Pakailah make up tapi jangan terlalu berlebihan (bedak, lipstick, blason, eyeliner).
4. Penampilan rambut yang rapih.
5. Gunakanlah sepatu pantofel dengan tinggi 5cm.
2.Body language Saat
Saat memasuki ruangan berjalan dengan tubuh tegap, gaya yang anggun dan kedua tangan mengibas dengan bebas. Sodorkan tangan dan sambil tersenyum terlebih dahulu pada saat menawarkan. Sapalah interviewer dengan Bapak/Ibu dan jangan duduk sebelum di persilahkan.
3.Sikap berdiri dan sikap duduk.
- Sikap berdiri
2. Sikap siaga kedua tangan disamping dan pandangan ke depan (kontak mata).
3. Jangan sering melakukan gerakan tangan tambahan misalnya menggaruk
- Sikap duduk
2. Usahakan tidak menyender di bangku belakang.
3. Usahakan tangan dibawah jangan diatas meja.
4. Pandanga ke depan (kontak mata).
5. Bicaralah yang rileks dengan intonasi suara yang tepat sesuai situasi. Jangan kaku untuk setiap pertanyaan.
Demikian "Cara Melamar Kerja dan Tips Interview Kerja Yang Baik"
Semoga Bermanfaat. Share Ya
0 comments:
Post a Comment
Terimakasih telah mengunjungi MASTERLOWKER.